HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2021/2022


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.226.248.180
Pengunjung : 1.007.346


Newsflash :
Mengikuti kebijakan PSBB DKI Jakarta, maka mulai 14 September 2020 s/d 2 Oktober 2020 operasional Kantor dan Sekolah Tarakanita Jakarta ditutup. Kantor tidak menerima tamu. Pendaftaran Peserta Didik/PPDB dan keperluan lain mohon hubungi nomor call center: 08118771984             |             MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.

Artikel :



Menjaga Kebersihan Demi Kesehatan Lingkungan Sekolah


Rabu; 10 June 2015 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

Menjaga Kebersihan Demi Kesehatan Lingkungan Sekolah

 

 Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Kebersihan juga berperan penting. Tentu saja bila lingkungan kumuh dan kotor akan menjadikan orang menjadi enggan berlama lama untuk berada di lingkungan tersebut. Maka kebersihan adalah harga mutlak untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman, termasuk lingkungan sekolah. Bagaimana mungkin siswa mampu menangkap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal bila siswa itu sendiri kurang nyaman berada di kelas karena kotor. Belum lagi kamar mandi sekolah yang bau pesing dan kotor karena perilaku jorok peserta didik.

 Di sekolah memang sudah tidak asing lagi dengan namanya jadwal piket. Yaitu jadwal di mana beberapa peserta didik harus melakukan tugas membersihkan kelas dan sekitarnya. Namun terkadang di beberapa sekolah jadwal piket kurang begitu efektif karena mereka masih mengandalkan para petugas pelaksana sekolah atau biasa dipanggil pak kebon sekolah. Inilah yang harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik  untuk sadar, tanggap dan tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan untuk menjaga kesehatannya sendiri dan orang disekitar.

Sejak SD harus ditanamkan dan diberi tanggung jawab menjaga kebersihan kelas seperti :

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Menyapu kelas
  3. Menghapus papan tulis
  4. Merapikan meja dan kursi
  5. Merapikan buku dan alat tulis yang ada di meja

Memang kelima saran di atas sudah tidak asing lagi diterapkan peserta didik sekolah dasar , namun guru sebagai orang tua selama di sekolah juga harus ikut andil dalam pengawasan, pendekatan ,dan bimbingan kepada peserta didiknya, serta memberi penghargaan lebih bagi siswa yang mematuhi tata tertib dan menjaga kebersihan dengan baik. Ini semua untuk menumbuhkan kepribadian dan tanggung jawab yang baik dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan lingkungan sekolah selain menjaga kebersihan bisa dengan cara menerapkan program penghijauan seperti :

  • Membangun apotik hidup di sekolah
  • Setiap kelas diberi beberapa tanaman hijau agar kelas terlihat segar
  • Menanam berbagai macam tanaman hias

Pola hidup sehat dan bersih sudah pasti akan menghindarkan dari berbagai macam penyakit yang mengintai saat di sekolah seperti demam berdarah. Dengan adanya apotik hidup dan tanaman hias akan memberikan udara yang lebih sejuk dan indah. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman diharapkan bisa menumbuhkan semangat belajar peserta didik. Bila sudah semangat dalam menerima pelajaran otomatis prestasi meningkat. Untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah, pihak sekolah selalu mengadakan lomba kebersihan kelas. Kelas yang bersih akan mendapatkan piala bergilir dan bendera warna hijau selama sebulan benda tersebut akan berada di dalam kelas, begitu juga kelas yang kotor akan mendapatkan bendera warna hitam. Di bawah ini ada beberapa gambar kelas yang bersih, ruangan yang bersih dan halaman yang bersih.

                                                                                   Surabaya, 9 Juni 2015

                                                                                      Lydia Kristiani







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :