HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.168.111.191
Pengunjung : 886.375


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Artikel :



PENDIDIKAN SBK MEMBENTUK PRIBADI DAN SIKAP MENTAL PESERTA DIDIK


Kamis; 18 February 2016 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

PENDIDIKAN SBK MEMBENTUK PRIBADI DAN SIKAP MENTAL PESERTA DIDIK

 

Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi atau sikap mental peserta didik yang harmonis, sebab pendidikan seni budaya memfokuskan diri pada kebutuhan perkembangan peserta didik dalam mencapai kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. Kecerdasan emosional merupakan kecerdasan otak kanan yang didapat peserta didik melalui pengalaman dan latihan. Selain peserta didik diajarkan untuk bebas berekspresi, peserta didik juga diajak untuk mengapresiasi hasil karya orang lain. Dengan demikian siswapeserta didik akan memperoleh kemampuan estetika sekaligus kemampuan menghargai hasil karya orang lain (kemampuan sosial).

      Pendidikan seni dan budaya dirasakan masih kurang menarik bagi peserta didik  bahkan  dipandang sebelah mata, padahal pembentukan mental dan kepribadian yang kokoh adalah hasil dari pendidikan seni dan budaya. Pelaksanaan pendidikan seni dan budaya dewasa ini belumlah tepat karena keberhasilan pendidikan seni dan budaya hanya dilihat dari perolehan prestasi sebatas pandai menggambar, juara menggambar ataupun pandai menyanyi dan menari, Pendidikan Seni budaya merupakan tujuan utama terbentuknya mental dan kepribadian yang kokoh.

Seperti yang terlihat dari foto-foto di bawah ini, peserta didik dengan leluasa bisa mengekspresikan diri dengan berbagai macam kreasi yang dibuatnya.

Sebagai guru pembimbing kita tidak boleh membatasi kreasi mereka, biarkan mereka berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Oke, selamat berkarya anak-anak, ibu menunggu hasil karyamu!

(Lydia Kristiani).







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :