HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.172.233.215
Pengunjung : 982.655


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Artikel :



SERUNYA BELAJAR IPA DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING


Rabu; 23 November 2016 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

SERUNYA BELAJAR IPA DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING

 

Perkembangan tekhnologi yang semakin pesat membawa dampak pula bagi proses belajar peserta didik. Guru sebagai fasilitator diharapkan mampu menjadi jembatan dalam penggunaan tekhnologi bagi peserta didik. Tidak jarang dampak tekhnologi membuat peserta didik malas belajar, namun ada juga yang justru semakin berkembang ilmunya karena tekhnologi itu sendiri. Maka dari itu, dalam proses belajar mengajar dibutuhkan suatu terobosan yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan keingintahuan peserta didik di bidang IPTEK.

Model pembelajaran Experiential merupakan sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada teori Kolb, yaitu merupakan proses dimana pengetahuan terkonstruksi melalui transformasi pengalaman. Belajar dari pengalaman mencakup keterkaitan antara berbuat (the doing) dan berpikir (the thinking). Menurut Kolb & Kolb (2005), tujuan teori pembelajaran konstruktivis sosial Vygotsky sejalan dengan pengembangan model pembelajaran Experiential. Seseorang akan belajar jauh lebih baik lewat keterlibatannya secara aktif dalam proses belajar.

Kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pembelajaran IPA kali ini adalah mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka. Pembelajaran yang berlangsung hari Rabu, 16 November 2016 tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas III A. Pembelajaran dikemas dengan metode pembelajaran bilingual dan diakhiri dengan pembuatan karamel sederhana.

Peserta didik dibantu oleh Lembar Kerja Siswa (LKS) mengikuti tahapan yang ada di LKS tersebut. Mereka melakukan dengan cara mengamati dan menuliskan hasilnya di laporan. Mulai dari mengamati benda yang mengalami proses pemanasan, benda yang mengalami proses pembakaran, hingga perubahan benda yang dibiarkan di tempat terbuka.

Selain itu, hasil dari pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang memiliki semangat community dan conviction. Community diperoleh melalui diskusi dalam memperoleh informasi baru, sedangkan conviction diperoleh melalui daya juang peserta didik dalam melakukan eksperimen hingga berhasil.

`           Peserta didik sangat terkesan dan bahagia selama mengikuti proses pembelajaran tersebut. Mereka juga mengetahui teori dengan baik karena pengalaman yang telah mereka alami. Peserta didik dibantu guru dapat menyimpulkan perubahan fisika dan kimia secara sederhana. Mereka juga tertarik untuk melakukan eksperimen lanjutan dengan inisiatif mereka sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat! Salam Tarakanita!

 

 

Maria Shinta Dewi

Guru Tematik Kelas III







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :