HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.226.255.55
Pengunjung : 846.122


Newsflash :
            |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |                         |             PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018

Artikel :



SERUNYA BELAJAR IPA DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING


Rabu; 23 November 2016 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Artikel Umum

SERUNYA BELAJAR IPA DENGAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING

 

Perkembangan tekhnologi yang semakin pesat membawa dampak pula bagi proses belajar peserta didik. Guru sebagai fasilitator diharapkan mampu menjadi jembatan dalam penggunaan tekhnologi bagi peserta didik. Tidak jarang dampak tekhnologi membuat peserta didik malas belajar, namun ada juga yang justru semakin berkembang ilmunya karena tekhnologi itu sendiri. Maka dari itu, dalam proses belajar mengajar dibutuhkan suatu terobosan yang dapat menumbuhkan semangat belajar dan keingintahuan peserta didik di bidang IPTEK.

Model pembelajaran Experiential merupakan sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada teori Kolb, yaitu merupakan proses dimana pengetahuan terkonstruksi melalui transformasi pengalaman. Belajar dari pengalaman mencakup keterkaitan antara berbuat (the doing) dan berpikir (the thinking). Menurut Kolb & Kolb (2005), tujuan teori pembelajaran konstruktivis sosial Vygotsky sejalan dengan pengembangan model pembelajaran Experiential. Seseorang akan belajar jauh lebih baik lewat keterlibatannya secara aktif dalam proses belajar.

Kompetensi dasar yang ingin dicapai pada pembelajaran IPA kali ini adalah mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka. Pembelajaran yang berlangsung hari Rabu, 16 November 2016 tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas III A. Pembelajaran dikemas dengan metode pembelajaran bilingual dan diakhiri dengan pembuatan karamel sederhana.

Peserta didik dibantu oleh Lembar Kerja Siswa (LKS) mengikuti tahapan yang ada di LKS tersebut. Mereka melakukan dengan cara mengamati dan menuliskan hasilnya di laporan. Mulai dari mengamati benda yang mengalami proses pemanasan, benda yang mengalami proses pembakaran, hingga perubahan benda yang dibiarkan di tempat terbuka.

Selain itu, hasil dari pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik yang memiliki semangat community dan conviction. Community diperoleh melalui diskusi dalam memperoleh informasi baru, sedangkan conviction diperoleh melalui daya juang peserta didik dalam melakukan eksperimen hingga berhasil.

`           Peserta didik sangat terkesan dan bahagia selama mengikuti proses pembelajaran tersebut. Mereka juga mengetahui teori dengan baik karena pengalaman yang telah mereka alami. Peserta didik dibantu guru dapat menyimpulkan perubahan fisika dan kimia secara sederhana. Mereka juga tertarik untuk melakukan eksperimen lanjutan dengan inisiatif mereka sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat! Salam Tarakanita!

 

 

Maria Shinta Dewi

Guru Tematik Kelas III







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :