HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.221.76.68
Pengunjung : 445.330






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Berita Kegiatan :



Kebun Binatang Surabaya Sebagai Sarana Edukasi Peserta Didik

Kamis; 12 October 2017 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

Kebun Binatang Surabaya Sebagai Sarana  Edukasi Peserta Didik

 

 Salah satu program sekolah SD Santo Carolus adalah kegiatan Experiental Learning ( EL ) yaitu belajar melalui pengalaman langsung, berinteraksi secara langsung dan merasakan sendiri. Kebun Binatang Surabaya menjadi pilihan untuk mengadakan kegiatan Experiental Learning  kelas 1 . Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Oktober 2017.  Adapun tujuannya adalah  untuk lebih mengenalkan pada lingkungan sekitar terutama aneka satwa, sehingga peserta didik dapat lebih mengenal, menyayangi, dan memeliharanya . Di samping itu diharapkan menumbuhkan rasa peduli pada lingkungan dan pelestarian aneka satwa.

Menurut Moses kelas I A“Saya senang ke Kebun Binatang Surabaya, karena sekarang tempatnya sudah bersih, tidak bau ,dan bisa melihat gajah yang bisa duduk. Lain lagi dengan Hugo yang sejak masuk Kebun Binatang Surabaya selalu bertanya nama hewan dengan Bahasa Inggris. Menututnya bebarapa hewan yang di sini punya nama asli dari luar negeri, maka saya akan menghafalkan namanya dalam bahasa Inggris. Ibu Lydia dan Ibu Rosa sebagai guru kelas dan beberapa pendamping memberikan pendampingan dan selalu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh perserta didik selama mengelilingi Kebun Binatang Surabaya. Menurut Ibu Lydia “Kebun Binatang Surabaya memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena merupakan kebun binatang yang tertua di Indonesia dan tempat pelestarian binatang serta sarana edukasi yang memadai.”

Mula-mula peserta didik melihat dan mengamati berbagai macam burung yang ada di KBS, seperti burung nuri, merak, kakak tua, bangau ,dan sebagainya. Burung-burung itu mempunyai berbagai macam warna dengan keunikannya masing-masing, misalnya merak mempunyai bulu yang sangat indah pada waktu bulunya membuka dan mekar. Kicauan beberapa burung juga sangat merdu. Peserta didik mendengarkan keterangan dari guru pendamping, misalnya tentang makanan burung dan habitat aslinya. Selanjutnya kami melihat hewan jinak pemakan rumput  seperti kelinci, kancil, rusa, kijang, badak, jerapah, dan gajah. Kandang tempat hidup hewan tersebut dirawat dengan baik. Peserta didik dapat melihat langsung berbagai hewan yang sebelumnya hanya mereka lihat digambar ataupun televisi. Atraksi gajahpun melihat gajah yang memakai belalainya untuk makan, jerapah yang mempunyai leher sangat panjang. Mereka juga sangat senang melihat monyet-monyet yang berloncatan dan berlarian kesana-kemari dengan lincah, juga melihat kuda nil yang berendam dalam kubangan air. Ada juga lapangan kecil untuk tempat berkendara gajah. Pengunjung dapat mengendarai gajah dengan ditemani pawang gajah. Hari ini gajah diarak keliling lapangan dan gajah melakukan atraksi seperti duduk di kursi, mengangkat kaki dan berputar-putar keliling lapangan sambil berlari, tingkahnya sangat lucu sekali.

Kemudian kami melihat hewan buas, seperti  buaya dan beruang. Beberapa peserta didik takut melihat hewan tersebut. Buaya yang ada di Kebun Binatang Surabaya berasal dari beberapa habitat asli, jenis dan ukuran buaya juga berbeda-beda. Beruang hitam juga tampak dikandang yang berbeda dengan jenis beruang lain.  Untuk hewan buas letak kandangnya luas dan jauh dari pengunjung dan pengunjung dilarang memberi makan hewan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan pengunjung dan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di Kebun Binatang Surabaya ada juga wisata air yaitu semacam danau kecil yang di tengahnya terdapat pulau buatan. Pengunjung dapat menaiki perahu kecil dengan biaya tertentu, untuk mengelilingi pulau buatan tersebut. Di pulau buatan terdapat beberapa monyet yang dilepas di sana. Tempat disekeliling danau buatan teduh, banyak terdapat pohon-pohon besar. Banyak pengunjung beristirahat disekitarnya. Pada akhir kunjungan peserta didik berkumpul bersama sambil makan bekal dari sekolah. Peserta didik merasa puas dan senang mengunjungi dan mengelilingi Kebun Binatang Surabaya. Tak lupa mereka mengucap syukur dan terimakasih kepada Tuhan karena hari ini dapat belajar dan menikmati ciptaan Tuhan yang berupa aneka satwa dan fauna yang ada di Kebun Binatang Surabaya. ( Lydia)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :