HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.221.76.68
Pengunjung : 445.319






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Berita Kegiatan :



MINUMAN SEGAR LIDAH BUAYA ALA SD SANTO CAROLUS

Senin; 27 November 2017 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

MINUMAN SEGAR LIDAH BUAYA  ALA SD SANTO CAROLUS

 

            Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif  memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri

Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi.  Suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai "Pemberdayaan Masyarakat" apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen pembangunan atau dikenal juga sebagai subjek. Disini subjek merupakan motor penggerak, dan bukan penerima manfaat.

               Salah satu  program SD Santo Carolus adalah melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga untuk mengenalkan SD Santo Carolus di tengah-tengah masyarakat. Untuk tahun pelajaran 2017 – 2018 pemberdayaan masyarakat dilaksanakan di Kelurahan Rungkut Tengah. Sasarannya adalah Kelompok Tani yang ada di Rungkut Tengah. Kegiatak ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Nopember 2017 pukul 09.00 – 11.00. Dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dihadiri oleh ibu- ibu kelompok tani serta bapak-bapak yang berjumlah 15 orang. Mereka dengan penuh semangat memperhatikan serta terlibat secara aktif dalam pembuatan minuman lidah buaya yang menjadi ikon sekolah kami.

                Nilai-nilai Cc5 plus yang diterapkan dalam kegiatan ini  adalah creativity dan community. Creativity tampak dalam kreativitas pembuatan minuman lidah buaya yang bisa dikombinasi dengan berbagai bahan. Community  tampak dalam aktivuitas mereka untuk bekerja sama dengan semangat membuat minuman lidah buaya. Bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan minuman lidah buaya antara lain : gula,kayu manis,air,lidah buaya,kapur sirih,dan garam. Sebagai minuman lidah buaya bisa dikonsumsi oleh semua orang baik muda maupun tua bahkan juga anak-anak.

              Lidah buaya sebagai tanaman yang sudah dikenal masyarakat sejak dahulu memiliki banyak manfaat antara lain :

  1. sebagai penyubur rambut
  2. mengobati sengatan matahari
  3. mengatasi iritasi
  4. melembabkan kulit
  5. mencegah penuaan dini
  6. minuman

Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat ini banyak manfaat yang dapat diperoleh bagi sekolah antara lain terjalin persaudaraan yang baik dengan kelompok tani di Kelurahan Rungkut Tengah,sekolah SD Santo Carolus lebih dikenal oleh masyarakat,dan sebagai sarana promosi sekolah kepada warga di sekitarnya. Semoga kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. (DWI.S) 







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :