HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.198.103.13
Pengunjung : 542.402






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Having Fun Pembelajaran EL dengan Bolu-Bolu Biscuit Cokelat

Kamis; 22 February 2018 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

Having Fun Pembelajaran EL dengan Bolu-Bolu Biscuit Cokelat

 

Selasa, 20 Februari 2018 peserta didik Sekolah Dasar Santo Carolus  kelas V B menggelar cooking class. Berbekal tekat kuat dan kemandirian serta  didampingi  wali kelas Ibu Lisa, anak kelas VB membuat bolu-bolu biscuit cokelat yang gampang dibuat, sehingga anak-anak bisa fun dalam membuatnya. Kegiatan membuat bolu-bolu biscuit cokelat dilaksanakan sebagai penerapan dari pembelajaran tema 6 subtema 1 tentang “Peran dan Manfaat Kalor Dalam Kehidupan”.

Dalam cooking class, belajar membuat kue sekaligus menjadi media belajar hal lain seperti mengidentifikasi diameter bangun ruang bola, menceritakan urutan proses memasak berdasarkan pengalaman pribadi, dan mampu membuat gambar ilustrasi yang mewakili setiap langkah-langkah pembuatan bolu-bolu biscuit cokelat.

Selama proses pembuatan bolu-bolu biscuit cokelat, peserta didik diajari bagaimana menakar bahan-bahan, mencampurnya hingga menbentuk agar terlihat lebih menarik. Wali kelas juga mengajarkan apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat dan mempraktikkan membuat kue. “Gampang-gampang susah”, kata Bella.

"Kita berharap peserta didik menikmati dan belajar dari proses ini. Karena setelah selesai, semua bolu-bolu biscuit cokelat juga bisa dinikmati bersama," kata Bu Lisa.

Berikut ini adalah alat bahan dan cara pembuatan bolu-bolu biscuit cokelat :

Alat dan Bahan :

  1. Biskuit marie
  2. Susu kental manis cokelat
  3. Meises cokelat
  4. Baskom plastik kecil
  5. Piring
  6. Sarung tangan

Cara pembuatan :

  1. Letakkan biskuit pada baskom plastik kecil.
  2. Hancurkan biskuit marie hingga menjadi remah-remah.
  3. Campurkan susu kental manis cokelat ke dalam remah-remah biskuit.
  4. Aduk campuran tersebut hingga merata, sampai adonan bisa dibentuk.
  5. Ambil sebagian adonan, dan bentuk adonan seperti bola menggunakan tangan dengan ukuran sesuai seleramu.
  6. Taburkan meises ke dalam piring.
  7. Gulingkan bola-bola biskuit yang telah kamu bentuk di atas meises.
  8. Tempatkan bola-bola biskuit di kertas cetakan kue dan dinginkan di dalam kulkas. Setelah biskuit dingin dan kering, kamu dapat menikmatinya.

Selain itu, secara sikap peserta didik diajarkan untuk sabar menunggu giliran, mandiri dalam menyelesaikan tugas dan peka dengan mau membantu teman yang belum paham.
Merasakan bahwa belajar itu menyenangkan dan mereka mampu memaknai bahwa belajar itu penting karena mengalami prosesnya secara langsung.

Rencananya, agenda fun cooking class ini akan digelar secara berkala sesuai dengan tema pembelajaran tematik agar para peserta didik lebih banyak pengalaman dan praktek langsung memasak yang mudah-mudah. (Lisa)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :