HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.200.218.187
Pengunjung : 985.299


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Belajar sejarah serta meneladani semangat para pejuang di Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam

Senin; 15 October 2018 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

Belajar sejarah serta meneladani semangat para pejuang

di Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam

 

Belajar melalui pengamatan , berinteraksi, dan pengalaman langsung atau yang sering disebut Experiental Learning (EL) adalah salah satu program sekolah SD Santo Carolus. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2018 di Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam. Adapun yang mengikuti kegiatan ini ada 106 peserta didik dari kelas 2 dan 6 pendamping.

Tujuan dari belajar di tempat-tempat tersebut adalah melakukan pengamatan mengenai lingkungan museum, melakukan wawancara dengan pemandu wisata, mencatat cerita sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo serta mencatat benda-benda bersejarah. Kegiatan tersebut juga menyadarkan kita bahwa perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan tidaklah mudah. Dibutuhkan semangat untuk terus berjuang dan berkerjasama.

                Menurut Laurentia kelas 2 A  “ Saya senang pergi ke Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam, sangat menyenangkan, di Tugu Pahlawan bisa tahu tentang Bung Tomo kalau di Monkasel bisa tahu ruang-ruang di dalam kapal selam.”

                Pembelajaran di Tugu Pahlawan dan Monumen Kapala Selam adalah salah satu tujuan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik karena peserta didik dapat melihat secara langsung bukti-bukti sejarah para pahlawan yang telah gugur dan berjuang di Surabaya. Selain itu Monumen Kapal Selam juga menjadi tujuan pembelajaran para peserta didik untuk melihat bentuk juga perangkat apa saja yang ada di kapal selam serta ruang-ruang yang ada di kapal selam. Peserta didik juga menyimak penjelasan bagaimana cara kapal bekerja. Mereka terlihat kagum dan antusias dalam menyimak penjelasan dari pendamping.

                Tugu pahlawan dan Monumen Kapal Selam juga menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya. Banyak pengunjung yang juga datang ke tempat tersebut tidak sekedar untuk melihat saja tetapi juga ingin mengetahui peninggalan sejarah yang merupakan bukti perjuangan rakyat Surabaya di tahun 1945. Setelah makan siang peserta didik diarahkan kembali menuju ke SD St. Carolus Surabaya pada pukul 12.00 WIB. Kami para guru menaruh harapan besar kepada peserta didik setelah Experiental Learning (EL) untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara rajin belajar dan terus berusaha untuk mengharumkan nama Indonesia. Semangat!

                (bu Shinta dan Bu Endang)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :