HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.168.111.191
Pengunjung : 886.402


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Betapa Pentingnya Sex Education untuk Peserta Didik Kelas V SD Santo Carolus

Rabu; 02 October 2019 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

 Betapa Pentingnya Sex Education

 untuk Peserta Didik Kelas V SD Santo Carolus

 

Sex Education merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting diberikan untuk peserta didik sekolah dasar. Mengapa?  Karena dengan menamankan pendidikan sex dari usia dini khususnya peserta didik sekolah dasar, sehingga peserta didik semakin tahu dan dapat menjaga diri dari sekarang.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada hari Senin, 30 September 2019, di SD Santo Carolus diadakan Sex Education untuk paserta didik kelas 5. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 sampai 12.10 oleh Ibu Liliana dari Universitas Surabaya. Acara ini dibagi menjadi dua gelombang.  Untuk gelombang satu adalah peserta didik kelas 5 putri, dan gelombang dua peserta didik kelas 5 putra. Kegiatan tersebut diadakan di ruang media SD Santo Carolus.

                Dengan kegiatan ini, ternyata mendapat sambutan peserta didik dengan antusias. Buktinya  banyak peserta didik yang menganjukan pertanyaan dan sangat senang dalam mengikuti kegiatan ini. Bahkan saat kegiatan ini sudah selesai masih banyak peserta didik  yang ingin tahu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ibu Liliana.

Masa pubertas pada peserta didik memang perlu mendapat perhatian baik dari diri sendiri maupun pendampingan dari orang tua, supaya perkembangan pribadi maupun fisik dari seorang peserta didik tidak disalah gunakan, dan dapat berkembang dengan baik dan normal.

 

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan pada masa pubertas adalah:

1. Perubahan pola pikir

2. Perubahan sosial

 

Perbedaan fisik antara pria dan wanita berpengaruh pada :

}  Cara bersikap

}  Cara bersosialisasi

}  Cara berfikir dan memecahkan masalah.

}  Cara berpakaian

}  Pilihan pekerjaan (kegiatan)

 

Masalah Psikologi

l  Kurang siap menghadapi masa puber.

l  Konsep diri yang kurang baik

l  Kurang puas akan perubahan tubuh

l  Kurang mampu menerima peran seks secara sosial

l  Penyimpangan pematangan seksual

 

Bagaimana menghindar dari perilaku seksual orang dewasa ?

}  Jangan mau diajak ke tempat yang sepi, misalnya : berduaan di kamar

}  Jangan mudah percaya pada orang yang baru kamu kenal

}  Jangan memakai pakaian yang kurang sopan

}  Jangan mudah terbujuk oleh iming-iming hadiah (coklat, permen, uang atau mainan) untuk melakukan perilaku seksual.

                 Semoga dengan kegiatan ini peserta didik  dapat mengembangkan sikap dan kepribadian yang lebih matang. Selamat untuk peserta didik  kelas 5 yang telah mengikuti pendidikan sex education tahun ini. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini, kalian bisa menjaga diri agar tidak terjerumus ke hal-hal yang merugikan akan diri sendiri.

(Oleh : Guru kelas 5)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :