HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.200.218.187
Pengunjung : 985.320


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

Berita Kegiatan :



Betapa Pentingnya Sex Education untuk Peserta Didik Kelas V SD Santo Carolus

Rabu; 02 October 2019 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

 Betapa Pentingnya Sex Education

 untuk Peserta Didik Kelas V SD Santo Carolus

 

Sex Education merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting diberikan untuk peserta didik sekolah dasar. Mengapa?  Karena dengan menamankan pendidikan sex dari usia dini khususnya peserta didik sekolah dasar, sehingga peserta didik semakin tahu dan dapat menjaga diri dari sekarang.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada hari Senin, 30 September 2019, di SD Santo Carolus diadakan Sex Education untuk paserta didik kelas 5. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 sampai 12.10 oleh Ibu Liliana dari Universitas Surabaya. Acara ini dibagi menjadi dua gelombang.  Untuk gelombang satu adalah peserta didik kelas 5 putri, dan gelombang dua peserta didik kelas 5 putra. Kegiatan tersebut diadakan di ruang media SD Santo Carolus.

                Dengan kegiatan ini, ternyata mendapat sambutan peserta didik dengan antusias. Buktinya  banyak peserta didik yang menganjukan pertanyaan dan sangat senang dalam mengikuti kegiatan ini. Bahkan saat kegiatan ini sudah selesai masih banyak peserta didik  yang ingin tahu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ibu Liliana.

Masa pubertas pada peserta didik memang perlu mendapat perhatian baik dari diri sendiri maupun pendampingan dari orang tua, supaya perkembangan pribadi maupun fisik dari seorang peserta didik tidak disalah gunakan, dan dapat berkembang dengan baik dan normal.

 

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan pada masa pubertas adalah:

1. Perubahan pola pikir

2. Perubahan sosial

 

Perbedaan fisik antara pria dan wanita berpengaruh pada :

}  Cara bersikap

}  Cara bersosialisasi

}  Cara berfikir dan memecahkan masalah.

}  Cara berpakaian

}  Pilihan pekerjaan (kegiatan)

 

Masalah Psikologi

l  Kurang siap menghadapi masa puber.

l  Konsep diri yang kurang baik

l  Kurang puas akan perubahan tubuh

l  Kurang mampu menerima peran seks secara sosial

l  Penyimpangan pematangan seksual

 

Bagaimana menghindar dari perilaku seksual orang dewasa ?

}  Jangan mau diajak ke tempat yang sepi, misalnya : berduaan di kamar

}  Jangan mudah percaya pada orang yang baru kamu kenal

}  Jangan memakai pakaian yang kurang sopan

}  Jangan mudah terbujuk oleh iming-iming hadiah (coklat, permen, uang atau mainan) untuk melakukan perilaku seksual.

                 Semoga dengan kegiatan ini peserta didik  dapat mengembangkan sikap dan kepribadian yang lebih matang. Selamat untuk peserta didik  kelas 5 yang telah mengikuti pendidikan sex education tahun ini. Semoga setelah mengikuti kegiatan ini, kalian bisa menjaga diri agar tidak terjerumus ke hal-hal yang merugikan akan diri sendiri.

(Oleh : Guru kelas 5)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :