HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.168.111.191
Pengunjung : 886.414


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Pentingnya Pendidikan Sex usia dini

Kamis; 03 October 2019 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

Pentingnya Pendidikan Sex usia dini

 

Dengan semakin banyaknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di era perkembangan teknologi ini tentunya mengancam para remaja yang rentan terhadap informasi yang salah mengenai seks. Eksploitasi seks pada anak dibawah umur nyatanya juga sering terjadi oleh orang-orang terdekat yang bahkan dilakukan oleh keluarga korban sendiri. Meningkatnya kasus kekerasan merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang seharusnya sudah mereka peroleh dari tahun pertama oleh orang tuanya.

Menanggapi persmasalahan tersebut maka, Yayasan Pendidikan Tarakanita Kantor Wilayah Surabaya melalui unit karya SD Santo Carolus Jl. Jemur Andayani XXI Surabaya, melaksanakan pembinaan pentingnya pendidikan sex usia dini untuk peserta didik kelas I. Pembinaan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 24 September 2019 oleh ibu Dra. VC Liliana, Psikolog

Dari dinamika dan proses berlangsungnya pembinaan bisa terlihat bahwa anak-anak usia dini jenjeng kelas I SD, berantusias untuk mengetahui hal-hal mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Ibu Lili selaku nara sumber juga dapat menjelaskan secara jelas, tepat dan bijaksana kepada para peserta didik pembinaan ini, suatu contoh bahwa bagian badan mana yang boleh dipegang dan tidak boleh dipegang oleh orang lain. Sebagai nara sumber ibu Lili juga menjelaskan ketika orang lain melakukan usaha untuk mendekati dan melakukan hal kurang terpuji berkaitan dengan apa yang dinamakan “pelecehan seksual”, maka peserta didik diwajibkan untuk berteriak sembari mengatakan “TIDAK” dan mencari tempat berlindungan yang aman. Dari permasalahan inilah maka, pendidikan seks seharusnya menjadi bentuk kepedulian orang tua terhadap masa depan anak dalam menjaga apa yang telah menjadi kehormatannya, terlebih bagi seorang perempuan. Pendidikan seks menjadi penting mengingat banyaknya kasus-kasus yang terjadi mengenai tindak kekerasan seksual terhadap anak dan remaja.

Kesimpulan

Pada dasarnya, seksualitas adalah sebuah pembelajaran bukan hanya terletak pada jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan namun termasuk didalamnya bagaimana  cara merawat kebersihan dan menjaga kesehatan organ vital. Sedini mungkin anak mengetahui tentang pendidikan sexs maka akan berguna bagi pembentukkan sikap mandiri yang teguh dalam menjaga kehormatan dan hak privacy dirinya.

Penulis

Rosalia Indah Ernawati







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :