HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.233.224.8
Pengunjung : 871.170


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



EXPERIENTAL LEARNING KELAS 5 SD SANTO CAROLUS KE PANTAI RIA KENJERAN, SURABAYA

Senin; 14 October 2019 [ST. HERY KRISTANTO, SD ST. CAROLUS SURABAYA] - Berita Umum

 

EXPERIENTAL LEARNING  KELAS 5 SD SANTO CAROLUS

KE PANTAI RIA KENJERAN, SURABAYA


Hari Selasa, tanggal 8 Oktober 2019, peserta didik SD Carolus mengadakan kegiatan Experiental Learning ke Pantai Kenjeran, Surabaya. Kegiatan ini diikuti peserta didik kelas V sebanyak 94 peserta didik dengan 6 pendamping. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan Experiental Learning ini. Buktinya mereka datang tepat waktu di sekolah, bahkan ada beberapa peserta didik datang lebih awal dari biasanya.

            Seperti biasa kegiatan diawali dengan doa bersama dari sentral. Sebelum peserta didik  menuju ke bus, wali kelas V memberikan pengarahan dan membagi snack untuk bekal di perjalanan. Tepat pukul 7.30, bus berangkat menuju tempat Experiental Learning. Selama perjalanan peserta didik terlihat sangat senang.

Kira-kira pukul 09.30 rombongan sampai ke tempat wisata Pantai Kenjeran. Sambil menunggu petugas yang akan memandu, peserta didik diatur wali kelas untuk berbaris di halaman tempat ibadah Dewi Kwan Ing. Setelah diberi pengarahan sebentar oleh wali kelas, peserta didik langsung menuju ke halaman belakang tempat ibadah Dewi Kwan Ing tempat ibadah umat beragama Hindu. Di sana peserta didik dijelaskan tentang arti patung Dewi Kwan Ing yang merupakan simbol sebagai pintu gerbang membatasi darat dan laut oleh Pak Eka yang merupakan petugas dari tempat ibadah tersebut. Setelah kunjungan dari Dewi Kwan Ing, peserta didik diajak berkunjung ke patung Catur Brahma Dewa. Keelokan dari patung tersebut memiliki muka 4, berlapis emas, dan merupakan patung tertinggi di ASIA. Bahkan patung tersebut mendapat rekor Muri.

Kira-kira pukul 10.30, rombongan diajak menuju ke Pantai Ria Kenjeran lama yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kenjeran Baru. Di tempat yang kedua ini, peserta didik diberi tugas untuk mendata jenis-jenis pekerjaan yang ada hubungannya dengan sumber daya laut. Peserta didik mengisi LKS dengan mengamati dan melakukan wawancara dengan pelaku aktivitas di Pantai Kenjeran tersebut.

Selesai keliling di lokasi kunjungan, peserta didik lalu makan siang. Sebelum pulang ke sekolah, peserta didik diberi kesempatan untuk membeli oleh-oleh baik itu makanan atau pun souvenir yang dijual di Pantai Ria Kenjeran lama tersebut. Tepat pukul 12.30 rombongan kembali ke sekolah. Ternyata perjalanan pulang lebih cepat karena jalannya lancar. Rombongan tiba di sekolah pukul 13.10 sesuai dengan perkiraan awal.

Yang jelas bagi peserta didik kelas 5, kegiatan Experiental Learning kali ini merupakan pengalaman dan cukup  menyenangkan. Karena dalam kegiatan ini  peserta didik  bisa belajar  di luar kelas dan di luar sekolah serta dalam hubungannya dengan pelajaran tematik. Dari pembelajaran di luar kelas ini, diharapkan peserta didik bisa menghargai tentang perbedaan, menghargai berbagai jenis pekerjaan yang ada hubungan dengan kelautan, dan peserta didik bisa membuat laporan berdasarkan hasil kunjungan/pengamatan. Dan yang tak kalah penting lagi bagi peserta didik paling tidak  mereka bisa refresing dengan menikmati pemandangan alam yang merupakan ciptaan Tuhan.   (Wali kelas 5)







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :